Fungsi-Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2010


Fungsi-fungsi dari menu File
Save                : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
Save As           :Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
Open               : Membuka file dokumen yang telah disimpan
Close               : Mrenutup dokumen
Info                 : Untuk melihat detail dokumen
Recent             : Untuk membuka dokumen yang terakhir di buka
New                : Membuka dockument baru yang masih kosong
Print                : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
Save & Send   : Menyimpan dan Mengirim dokumen melalui e-mail
Help                : Untukbantuan pertolongan apabila tidak mengetahui sesuatu
Option             : Untuk mengubah setting dalam Office word
Exit                 : Menutup program Ms. word



Fungsi-fungsi dari menu Home


Submenu Clipboard



Paste                : Menempelkan text atau gambar yang telah di copy
Cut                  : Memotong text untuk dipindahkan ke tempat lain
Copy               : Menyalin text atau gambar yang telah disorot
Format Painter            : Untuk menyorot text dan gambar yang dipilih
Submenu Font



Font                             : Memilih Jenis tulisan yang digunakan
Font Size                     : Memilih ukuran tulisan yang digunakan
Grow Font                  : Memperbesar ukuran text + 2
Shrink Font                 : Memperkecil ukuran text + 2
Change Chase             : Memilih semua text yang disorot (BESARSEEMUA, Besar Awal, Dll)
Clear Formatting         : Menghapus semua format text menjadi standard
Bold                            : Menebalkan huruf
Italic                            : Memiringkan text kekanan
Underline                    : Memberi garis pada bawah text
Strikethrough              : Memberi garis pada tengah text
Subscript                     : Menuliskan text yang kuran textnya lebih kecil dibawah text biasa
Superscript                  : Menuliskan text yang kuran textnya lebih kecil diatas text biasa
Text effect                  : Memberi efek pada text
Text highlight Color    : Mengubah warna belakang text
Font Color                   : Mengubah warna text
Submenu Paragraph



Bullets                         : menyisipkan bullet pada teks yang dipilih
Numbering                  : menyisipkan nomor pada teks yang dipilih
Multilevel list              : menyisipkan bullet dan nomor pada teks dengan gaya multileve
Decrease Indent          : Menggeser paragraf kekiri
Increase Indent           : Menggeser paragraf kekanan
Sort                             : Menyeleksi text yang akan di blok
Show/hidden ¶            : Memperlihatkan/Menyembunyikan jenis text
Align text left             : Membuat paragraf rata kiri
Align text center         : Membuat paragraf rata tengah
Align text right           : Membuat paragraf rata kanan
Justifi                          : Membuat paragraf rata kanan kiri
Line and paragraph Spacing   : memilih jarak spasi antara text
Shading                       : Memberi warna paragraf
Border                         : Memberi kotak untuk text yang dipilih

Submenu Styles
Untuk memilih gaya text yang disorot
Submenu Editing
Find                             : Mencari text
Replace                       : Mengganti kata dengan kata yang baru
Select                          : Memilih text yang akan disorot


Fungsi-fungsi dari menu Insert
Submenu Pages
Cover Page                  : Memberi sampul pada dokumen yang dibuat
Blank page                  : menambahkan halaman kosong
Page break                   : Menambah untuk halaman baru
Submenu Tables
Menambahkan kotak tabel
Submenu Illustrations
Picture                         : Menambahkan gambar
Clip art                        : Menambahkan gambar clip’art
Shapes                         : Menambahkan bentuk-bentuk tertentu
Smart Art                    : Menambahkan tabel dengan gaya tertentu
Chart                           : Menambahkan diagram
Screenshot                   : Menambahkan screenshot terakhir

Submenu Links
Hyperlink                    : Menambahkan Link pada dokumen
Bookmark                   : Menambahkan Link dari bookmark
Croos-reference           : Menambahkan sumber dari dokumen
Submenu Header & Footer
Header                        : Menambahkan tulisan diatas dokumen
Footer                          : Menambahkan tulisan dibawah dokumen
Page Number              : Memberikan Halaman pada dokumen
Submenu text
Text Box                     : Menambahkan preformat text
Quick Part                   : Menambahkan halaman reusabel
Word Art                    : Menambahkan text yang ada seninya
Dropcap                      : Menambahkan 1karakter besar diawal paragraf
Signature Line             : Menambahkan garis signatur
Date and Time            : Menambahkan tanggal dan waktu
Object                         : Menambahkan objek tertentu
Submenu Symbols
Equation                      : Menambahkan rumus-rumus fisika
Symbol                        : Menambahkan simbol tertentu

Fungsi-fungsi dari menu page layout
Submenu Themes
Themes            : Memberikan tema dokumen
Colors              : Menambahkan warna
Font                 : Memilih Jenis tulisan yang digunakan
Effects                        : Memberi efek tertentu
Submenu Page setup
Page Setup:Untuk mengubah dan / atau menambah margin, orientasi, ukuran, kolom, istirahat, nomor baris, dan hyphenation. You can even customize the settings. Anda bahkan dapat menyesuaikan pengaturan. Below are all the screenshots for each button: Di bawah ini adalah semua screenshot untuk setiap tombol:
Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page02.png Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page03.png
Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page04.png Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page05.pngDescription: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page06.png
Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page07.pngDescription: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page08.png
Submenu Page Bacckground
1.Watermark : hanya menambahkan watermark ke latar belakang dokumen, dan Anda bahkan dapat mengubah teks dan apakah watermark adalah gambar atau tidak.
Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page09.pngDescription: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page09a.png
2.Page Color
 memungkinkan Anda untuk mengubah warna latar belakang dokumen. Ini termasuk warna solid dan efek mengisi (gradien, tekstur, pola, dan gambar).Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page10.png
3.Page Borders
memungkinkan Anda untuk menambahkan perbatasan di sekitar dokumen Anda. There are many choices that can be made for creating borders, such as using images, the line style, colors, the setting of it, the width, and more. Ada banyak pilihan yang dapat dibuat untuk menciptakan perbatasan, seperti menggunakan gambar, gaya garis, warna, pengaturan itu, lebar, dan banyak lagi.
Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page11.png Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page12.pngDescription: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page12a.png
Submenu Indent and Spacing
adalah semua tentang paragraf, dan bagaimana mereka diposisikan dalam dokumen kata. Untuk Indent, pengaturan default Left: 0 ", dan Kanan: 0". For Spacing, Before: 0 pt, and After: 10 pt. Untuk Spasi, Sebelum: 0 pt, dan Setelah: 10 pt. Anda dapat salah satu dari mereka namun Anda inginkan.
Description: F:\DUNIA\KULIAH SMT 2 - KOMPUTER\page laout_files\translate_p_data\page13.png
Ribbon References

Description: references tab
1.Table of Contens
Description: reference table of contens
Table of Contens: digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen.
Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi.

2.Group Footnotes
Description: reference footnotes
Insert Footnote: digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan.
Next Footnote: berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Icon Show Notes: digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.

3.Group Citation & Bibliography
Description: reference citation & bibliography
Citation & Bibliography: digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita saat menggarap tulisan kompleks.
Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
Manage Sources: digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut.
Menu Style: berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography: digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.

4.Group Captions
Captions : secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
Description: reference caption
Insert Caption : digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar ilustrasi tersebut.
Insert Table of Figures : digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog gambar deskripsi di sebuah buku.
Update Table : digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghaps suatu gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar tersebut.
Cross-reference : berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki.




5.Group Index
 Description: reference index
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi dimana merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu dalam pengelolaan seputar masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah bisa membedakan antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan .
Ribbon Review

Proofing :Kelompok pemeriksaan membantu dengan pemeriksaan dokumen.
Speeling & Grammer: untuk memeriksa masalah ejaan dan tata bahasa dalam dokumen.
Klik ikon untuk membuka Thesaurus Thesaurus Microsoft Word.
Thesaurus : Untuk melihat rincian sebuah kata dan kemudian klik ikon tesaurus secara otomatis akan mencari kata disorot.
Word Count : yang  akan memberikan statistiknya untuk dokumen, termasuk jumlah kata, karakter, halaman, paragraf, dan garis.
Translate : untuk menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain.
Comments :Untuk menyisipkan komentar dalam dokumen, sorot teks yang ingin berkomentar dan kemudian klik Baru Komentar Komentar dalam kelompok. Sebuah kotak komentar akan muncul di sebelah kanan dokumen Anda di mana dapat memasukkan komentar.
Track Changes Perubahan pelacakan dapat menjadi alat yang berharga jika berbagi dokumen Word dengan orang lain. Jika mengaktifkan jalur perubahan dan ada orang lain yang mengedit dokumen, ketika mereka mengirim kembali, Word akan menampilkan perubahan yang mereka dibuat dan memungkinkan kita untuk menerima atau menolak mereka. Setiap perubahan yang dibuat ke dokumen akan muncul sebagai merah, teks digarisbawahi.
Accept Untuk menerima perubahan
Reject Untuk menghapus perubahan dari dokumen.

0 komentar:

Posting Komentar